//
Profil Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan

Ketua Program Studi : Nona Tahapary Tethol, S.Pi, M.Si

TERMINOLOGI

Untuk memahami konsep kurikulum berbasis kompetensi secara utuh dan bisa dilaksanakan secara tepat dirujuk  Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.232/U/2000 tanggal 20  Desember 2000 tentang pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Peniloaian Hasil Belajar Mahasiswa. Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasiponal ini dirumuskan kurikulum inti dan kurikulum institusional sedangkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.45/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang kurikulm Pendidikan Tinggi. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional ini memperkuat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 232/U/2000 yang meluruskan maknanya agar fokus dimana pengelompokkan mata kuliah lebih diarahkan pada pencapaian kompetensi yang mengandung elemen-elemen kompetensi. Dari kedua keputusan Menteri tersebut dirangkum beberapa pemahaman sebagai berikut :

  1. Pendidikan Tinggi adalah kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian
  2. Perguruan  Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat berbentuk akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut atau universitas
  3. Pendidikan Profesional adalah pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu dan diselenggarakan oleh akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas.
  4. Program Studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan/atau profesional yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum.
  5. Kurikulum Pendidikan Tinggi adalah seperangkat rancana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilainnya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar diperguruan tinggi
  6. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadapa Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan
  7. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan Dan Ketrampilan (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu
  8. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai
  9. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai
  10. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Berkarya (MBB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya
  11. Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas dibidang pekerjaan tertentu

VISI PROGRAM STUDI

Terwujudnya  Program Studi handal di bidang Pengelolaan Sumberdaya Berkelanjutan. 

Program Studi Handal  adalah  Program Studi yang memiliki Ketrampilan kepekaan dan resisten terhadap kepekaan segala bentuk perubahan-perubahan lingkungan kelautan sehingga mampu bersaing secara kompetitif dan sehat dengan lembaga pendidikan tinggi lain sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif didunia kerja.

Pengelolaan Sumberdaya berkelanjutan adalah  Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan yang bertanggung jawab dan berwawasan lingkungan.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Meningkatkan Sumberdaya Pendidik yang memiliki keahlian atau kompetensi serta mengembangkan  serta mengembangkan kualitas ajar sesuai perkembangan bidang ilmu teknologi penangkapan ikan.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian sesuai tuntutan kebutuhan pengembangan Program Studi
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas aplikasi IPTEK dalam bidang teknologi penangkapan ikan.

Tujuan program studi :

Berdasarkan misi Program Studi yang sudah dirumuskan dalam pencapaian visi, program studi TPI menghasilkan lulusan yang :

  1. Mempunyai sikap jujur, tanggung jawab, berorientasi kepada kebenaran dan berperilaku terpuji,
  2. Mengetahui ilmu dan pengetahuan dasar serta ketrampilan dalam bidang penangkapan ikan sehingga mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan sesuai bidang keahliannya,
  3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan di bidang keahliannya,
  4. Mampu berkompetisi dalam pasar kerja maupun penciptaan lapangan kerja,
  5. Mempunyai keunggulan dalam ketrampilan manejerial bidang penangkapan ikan,
  6. Mampu mengikuti perkembangan IPTEK dalam bidang keahliannya dan
  7. Mempunyai wawasan pengembangan masyarakat pesisir secara berkelanjutan.

PENYUSUNAN KURIKULUM

a.      Penetapan Profil Luluasan

Prodi TPI diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan ahli madya perikanan dengan profil atau peranan sebagai berikut :

  1. Supervisior dari suatu industri/ usaha di bidang perikanan atau bidang lain yang mendukung bidang perikanan dalam hal ini adalah sebagai perencana, pengorganisir, pelaksana dan melakukan fungsi- fungsi  pengawasan  dari perikanan tangkap  (yaitu kegaiatan yang mengacu pada kegiatan manajemen POAC) atau kegiatan yang berkaitan dengan perikanan yang masuk dalam keompok ini adalah kegiatan-kegiatan yang meliputi birokrat, teknokrat, selfcontrol di bidang perikan atau bidang lain yang mendukung bidang perikanan.
  2. Operator atau pelaku di bidang perikanan termasuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perikanan, dimana dalam kelompok ini adalah wirausahawan (enterpreneur).
  3. Komunikator  yang meliputi bidang konsultan dan penyuluh dibidang perikanan  atau bidang lain yang mendukung bidang perikanan.
  4. Peneliti/Pengembang yang bekerja dibidang perikanan
  5. Pendidik yang meliputi guru disekolah kejuruan bidang perikanan, widyaiswara dibidang perikanan dan dosen diperguruan tinggi penyelenggara perikanan.

b.     Perumusan Kompetensi Lulusan dan Pengkajian Kandungan elemen Kompetensi

Kompetensi Lulusan

Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip ilmiah di bidang perikanan tangkap, serta mampu merancang dan mengembangkan alat tangkap perikanan berkelanjutan.

Berdasarkan pasal 2 ayat (1) Keputusan Menteri Pendidikan Nasional  No.045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi dijelaskan bahwa kompetensi hasil didik suatu program studi terdiri atas kompetensi utama yaitu kemampaun seoarang luluasan yang mampu menapilkan ciri khas suatu program studi dari perguruan tinggi yang bersangkutan sedangkan kompetensi pendukung yaitu kompetensi yang bersifat gayut dengan kompetensi utama suatu program studi yang ditambahkan oleh institusi penyelenggara program studi untuk memperkuat kompetensi utamanya, dan kompetensi lainnya yaitu kemampuan tamabahan yang sudah ditetapkan oleh program studi sendiri sebagai ciri khas lulusannya dan untuk memberi bekal lulusan agar mempunyai keluasan agar memilih bidang kehidupan serta meningkatkan kualitas hidupnya..

Kaitan antara profil lulusan dengan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh lulusan Prodi TPI sebagaimana telah dirumuskakan oleh raker prodi TPI yang ke-1 tanggal 27 dan 29 Mei 2010 adalah  yang disajikan dalam tabel profil dan rumusan kompetensi  sebagai berikut  :

Tabel 1.

Profil Lulusan Prodi Teknologi Penangkapan Ikan 

Profil lulusan

Rumusan kompetensi

Supervisior
  1. Mampu mengaplikasikan ilmu dan teknologi penangkapan ikan.
  2. Mampu merancang – bangun alat tangkap dan alat bantu serta menerapkan sistem penangkapan ikan secara efektif, efisien, produktif yang ramah lingkungan.
  3. Mampu bekerja sama dalam tim multi disiplin ilmu serta mengontrol proses  penangkapan ikan
Operator
  1. Mampu menerapkan dan mengoperasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi perikanan tangkap berdasarkan prinsip penerapannya secara modern yang berkelanjutan  dan mengangkat kearifan local.
  2. Mampu mengembangkan potensi diri dan jiwa kewirausahaan (enterpreneur)
Komunikator
  1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan berperan sebagai fasilitator  dan motivator secara sistematik dan efektif memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan
  2. Mampu memberikan rekomendasi konstruktif dalam penyelesaian masalah teknologi penangkapan ikan
Peneliti
  1. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah secara cepat tepat dan akurat mengenai operasi penangkapan ikan
  2. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara akurat
Pendidik
  1. Mampu belajar sepanjang hayat
  2. Mampu berfikir kritis dan analitis dalam merumuskan dan memperhitungkan dampak dalam penyelesaian masalah kependidikan perikanan tangkap dalam kehidupan masyarakat
  3. Mampu berperan sebagai fasilitator dalam pengembangan keilmuan secara sistmatik dan pragmatik

ELEMEN KOMPETENSI

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.045/U/2002 tentang  kurikulum pendidikan tinggi. Penyusunan kurikulum tidak terfokus pada pengelompokkan mata kuliah tetapi lebih diarahkan pada pencapaian kompetensi, yang menjadi tujuan/sasaran kurikulum yang mengandung elemen – elemen kompetensi sebagai berikut :

  1. Landasan Kepribadian ( A ) yang termuat dalam kelompok Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) yang lebih bersifat softskill sehingga diselipkan dalam bentuk hidden curriculum dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalaman intensitas pemahaman dan penghayatan yaitu manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki budi pekerti luhur, berkrpibadian tangguh, mandiri dan bertanggung jawab serta memiliki jiwa dan semangat ke-Indonesiaan.
  2. Penguasaan Ilmu dan Keterampilan ( B ) yang termuat dalam kelompok Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) yang diajarkan dalam bentuk mata kuliah dengan tujaun memperkuat penguasaan dan memeperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggualan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi Teknologi Penangkapan Ikan
  3. Kemampuan Berkarya ( C ) yang termuat dalam kelompok Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) yang ditempuh dengan praktik kerja tertentu dengan tujuan memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian  dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraaan progaram studi Teknologi Penangkapan Ikan sehingga menghasilkan tenaga ahli dan kekaryaan di perikanan tangkap
  4. Sikap dan Perilaku Berkarya ( D ) yang termuat dalam kelompok Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB) yang ditempuh dengan praktik kerja dengan mewajibkan muatan sikap perilaku berkarya dengan tujuan memperkuat penguasaan dan wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat untuk program studi penangkapan ikan melalui pembentukan sikap dan perilaku peserta didik  dalam berkarya di masyarakat berdasarkan tingkat keahlian dari ilmu pengetahuan yang di kuasai.
  5. Pemahaman Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat ( E ) yang termuat dalam kelompok Mata kuliah Berkehidupan Bermsayarakat (MBB) yang diperoleh dengan strategi kerja di masyarakat dengan tujuan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan di masyarakat, baik secara rasional maupun global, yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.

Kaitan antara kompetensi yang harus dimiliki lulusan Teknologi Penangkapan Ikan yang telah dirumuskan rapat kerja program studi dengan elemen kompetensi yang dikelompokkan atas MPK, MKK, MKB, MPB, dan MBB yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang disajikan dalam tabel berikut:

Tabel 2.

Kaitan Antara Kompetensi Lulusan Prodi Teknologi Penangkapan Ikan dengan Elemen Lainnya

Kelompok Kompetensi

Rumusan Kompetensi

Elemen Kompetensi

A

B

C

D

E

Utama Kemampuan merencanakan, merancang alat dalam penerapan teknologi penangkapan ikan berkelanjutan. 1 1 1 1 1
Kemampuan berkreasi dan inovasi dalam penerapan teknologi penangkapan ikan. 1 1 1 1 1
Kemampuan analisis yang akurat dalam  mengestimasi stok  dan menentukan daerah penangkapan ikan 0 1 1 1 1
Kemampuan belajar sepanjang hayat. 1 1 1 1 1
Kemampuan manajerial dan kewirausahaan 1 1 1 1 1
Kemampuan merencanakan pelayaran dan mengendalikan kapal perikanan 1 1 1 1 1
Kemampuan dasar keselamatan kerja di laut 1 1 1 1 1
Pendukung Kemampuan merespons perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi serta lingkungan 0 0 1 1 1
Kemampuan menggunakan Information and Communication Tecnology (ICT) dalam mengelola dan  menginterprestasikan data secara akurat untuk meningkatkan daya saing penangkapan ikan berkelanjutan. 1 1 1 1 1
Kemampuan mengapresiasikan budaya lokal dan asing dalam berkomunikasi yang baik secara efektif dan efisien untuk meningkatkan daya saing teknologi penangkapan ikan berbasis masyarakat 1 1 1 1 1
Lainnya Kemampuan mengapresiasikan budaya lokal dan asing dalam berkomunikasi yang baik secara efektif dan efisien untuk meningkatkan daya saing teknologi penangkapan ikan berbasis masyarakat 1 1 0 1 1

Dalam pencapaian kompetensi utama lulusan program studi Teknologi Penangkapan Ikan diaktualisasikan dalam pengaturan komposisi kompetensi sebagai berikut :

  • Kompetensi Utama sebesar  70  % yaitu alokasi beban studi sebanyak 79 SKS dari total 114 SKS
  • Kompetensi Pendukung sebesar 22 % yaitu alokasi beban studi sebanyak 25 SKS dari total 114 SKS
  • Kompetensi Lainnya sebesar 8 % yaitu alokasi beban studi sebanyak 10 SKS dari total 114 SKS

Dalam pengelolaannya mata kuliah kompetensi utama dikelola pada tingkat program studi dan mata kuliah kompetensi pendukung dikelola pada tingkat jurusan serta mata kuliah lainnya dikelola pada tingkat Politeknik Perikanan Negeri Tual.

Bahan Kajian

Untuk mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan maka perlu ditetapkan bahan kajian. Bahan kajian adalah suatu bangunan ilmu, teknologi atau seni objek yang dipelajari yang menunjukan :

  1. Ciri cabang ilmu atau dengan kata lain menunjukan bidang kajian atau inti keilmuan suatu program studi,
  2. Pengetahuan / bidang kajian yang akan dikembangakan pada lingkup suatu program studi.
  3. Pengetahuan/bidang kajian yang dipilih dan sangat potensial atau dibutuhkan masyarakat untuk masa mendatang.

Pilihan bahan kajian sangat dipengaruhi oleh visi keilmuan program studi yang bersangkutan, yang biasanya dapat diambil dari program pengembangan program studi.

Tingkat lulusan, kerincian dan kedalaman bahan kajian ini merupakan pilihan otonom masyarakat ilmiah di program studi tersebut.

Kaitan antara bahan kajian, muatan pembelajaran, mata kuliah dan bobot mata kuliah yang ditawarkan untuk memenuhi kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya disajikan pada tabel 3 , 4 dan 5.

Muatan Kompetensi

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.045/U/2002 jumlah beban ekivalen untuk sistem kredit semester pada kompetensi utama sebesar 40% – 80% komptensi pendukung sebesar 20% – 40% dan komptenasi lainnya sebsar 0% – 30%. Untuk mendapatkan gelar ahli madya pada program Studi Teknologi Penangkapan Ikan harus meyelesaiakan 114 sks. Dari jumlah ini ditetapkan ekivaelnsi yang memenuhi kompetensi utama yang sebesar 70% atau setara dengan 79 sks, kompetensi pendukung sebesar 22% atau setara dengan 25 sks dan kompetensi – kompetensi lainnya yang sebesar 8% atau setara dengan 10 sks

Tabel  3.

Rancangan Muatan Pembelajaran Pada Mata Kuliah Penunjang Kompetensi Utama Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan

Bahan Kajian

Muatan

Mata kuliah

SKS

Teknologi Alat dan Bahan Alat dan Bahan Penagkapan Ikan 3
Penangkapan Teknologi Penangkapan Ikan 4
Metode Penangkapan Ikan 4
Manajemen Operasi Penakapan Ikan 3
Kelautan Desain Rangcang bangun alat tangkap 3
Iklim Kelautan Akustik/Akustik Perikanan*) 3
Klimatologi/ Meteorologi Laut*) 3
Pengantar Oseanografi 3
Oseanografi Perikanan*) 3
Penanganan Hasil Perikanan Kapal Perikanan 3
Penanganan Hasil Tangkapan 3
Anatomi Ikan Ekologi Laut 3
Biologi Perikanan 3
Ikhtiologi 3
Tingkah laku Ikan 3
Estimasi Pemetaan Dasar – Dasar Indraja/Pengindraan Jarak Jauh*) 3
Populasi Ikan Dinamika Populasi 3
Daerah Penangkapan 3
Administrator Pelabuhan Pelabuhan Pelabuhan Perikanan 3
Mana. PSD Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Laut 3
Nautika Dan Kapal Perikanan Pelayaran Navigasi 3
Kepelautan/Kecakapan Kepelautan 3
Pengantar Mesin Kapal Perikanan 3
Kesehatan dan Kes.Kerja K3 Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 3
Skuba Teknik Renang dan Selam 3

Tabel   4.

Rancangan Muatan Pembelajaran Pada Mata Kuliah Penunjang Kompetensi Pendukung Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan

Bahan Kajian

Muatan

Mata kuliah

SKS

Teknologi Fisika Fisika Dasar/Fisika Terapan*) 2
Kimia Kimia Dasar/Kimia Terapan*) 2
Biologi Biologi Dasar 2
Sosio-Ekonomi Manajemen Dasar – Dasar Manajemen 2
Kewiraushaan
Lingkungan Hidup Sosiologi Masyarakat Pesisir 2
Dasar – Dasar Ilmu Lingkungan 2
Pengantar Ilmu Perikanan 2
Penyuluhan Perikanan 2
Komputasi Matematika Matematika Dasar/Matematika Terapan*) 2
Statistika Statistika 2
Pengolahan Data Perikanan 3
Estimasi Pengantar Stokastik*)
Teknologi Informasi Komputer*) 3
Merode Ilmiah Penelitian Teknik Penulisan/Metode Penelitian 2

Tabel 5.

Rancangan Muatan Pembelajaran Pada Mata Kuliah Penunjang Kompetensi Lainnya Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan

Bahan Kajian

Muatan

Mata kuliah

SKS

Kepribadian Bangsa Ahlak dan Perilaku Pendidikan Agama 2
Bela Negara Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2
Komunikasi Bahasa Indonesia 2
Bahasa Inggris 2
Ilmu Sosial Budaya Dasar 2

MATA KULIAH DAN SILABUS 

Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Tingkat Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, mata kuliah yang ditawarkan pada program studi teknologi penangkapan ikan dikelompokan di dalam elemen kompetensi yang terdiri atas Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), mata kuliah Berkehidupan  Bermasyarakat (MBB). Masing-masing kelompok mata kuliah tersebut mengandung muatan yang dirancang untuk memenuhi tuntutan kompentensi oleh setiap lulusan, baik kompetensi utama, kompetensi pendukung, maupun kompetensi lainnya.

Mata kuliah yang merupakan penunjang kompetensi utama tergolong ke dalam kelompok MKB dan MPB yang dikelola pada tingkat program studi, mata kuliah yang tergolong MKK dikelola pada tingkat jurusan, sedangkan mata kuliah yang tergolongMPK dan MBB dikelola pada tingkat Politeknik Perikanan Negeri Tual.

Tabel 6.

Sebaran Mata Kuliah Menurut Elemen Kompetensi dan Tingkat Institusi Pengelolaannya

ELEMEN KOMPETENSI

MATA KULIAH

SKS

MPK (Pengembangan Kepribadian) Pendidikan agama 2
Pancasila dan kewarganegaraan 2
Dasar ilmu lingkungan 2
Bahasa inggris I 2
Bahasa inggris II 2
Sosiologi masyarakat pesisir 2
Ilmu sosial budaya dasar (ISBD) 2
Jumlah SKS
MKK (Keilmuan dan Keahlian) Kimia dasar 3
Matematika 2
Fisika dasar 3
Biologi dasar 3
Ekologi laut 3
Biologi perikanan 2
Pengantar ilmu perikanan 2
Statistika 2
Pengantar Stokastik *) 2
Komputer *) 3
Dasar-dasar manajemen 2
Pengolahan data perikanan 2
Ikhtiologi 3
Penanganan hasil tangkapan 3
Jumlah SKS
MKB ( Keahlian Berkarya) Pengantar oseanografi 3
Oseanografi Perikanan *) 3
Tingkah laku ikan 4
Teknologi penangkapan ikan (I,II *) 4
Bahan dan alat penangkapan ikan 3
Rancang Bangun Alat Tangkap I, II *)
Daerah penangkapan ikan 3
Kapal perikanan 3
Pengantar mesin kapal perikanan 3
Navigasi 3
Kepelautan/Kecakapan Kepelautan *) 3
Pelabuhan perikanan 3
Pengelolaan sumberdaya perikanan laut 3
Klimatologi/Meteorologi Laut *)
Metode penangkapan ikan 4
Jumlah SKS
MPB ( Sikap dan Perilaku Berkarya) Dasar-dasar indera jarak jauh/Pengindaraan jauh Kelautan 3
Dinamika Populasi *) 4
Manajemen operasi penangkapan ikan 3
Akustik/Akustik Perikanan 3
Teknik penulisan/Metodelogi Penelitian *) 2
Penyuluh perikanan 2
Kewirausahaan 2
Kesehatan dan keselamatan kerja 4
Teknik Renang dan Selam *) 3
Jumlah sks
MBB ( Berkehidupan Bermasyarakat) Magang kerja 6
Seminar magang kerja 1
Tugas akhir 3
Jumlah SKS

Sementara itu sebaran mata kuliah menurut semester penempatannya adalah sebagai berikut :

Tabel 7.

SEBARAN MATA KULIAH MENURUT SEMESTER PENEMPATANNYA PADA PRODI TPI SEMESTER  I

NO

KODE

MATA KULIAH

MATA KULIAH

SKS TEORI

SKS PRAKT

TOTAL SKS

1 PPI  –  111 Pendidikan Agama 2 0 2
2 PPI  –  112 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 0 2
3 PPI  –  113 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar 2 0 2
4 KIM  – 114 Kimia 1 2 3
5 MAT – 115 Matematika 2 0 2
6 FIS  –  116 Fisika 1 2 3
7 ING I – 117 Bahasa Inggris I 1 1 2
8 BIO  –  118 Biologi 1 2 3
9 PPI  –  119 Pengantar Ilmu Perikanan 2 0 2
TOTAL 13 8 21

SEMESTER  II

NO KODEMATA KULIAH MATA KULIAH SKS TEORI SKS PRAKT TOTAL SKS
1 ING II – 121 Bahasa Inggris II 1 1 2
2 TPI    –  122 Dasar-Dasar Indraja 1 2 3
3 STA  –  123 Statistik 1 1 2
4 PPI   –  124 Dasar Ilmu Lingkungan 2 0 2
5 AGP –  125 Dasar-Dasar Manajemen 2 0 2
6 TPI   –  126 Navigasi 1 2 3
7 TBP –  127 Ekologi Laut 1 2 3
8 PPI  –  128 Sosiologi Masyarakat Pesisir 2 0 2
TOTAL 11 8 19

SEMESTER  III

NO KODEMATA KULIAH MATA KULIAH SKS TEORI SKS PRAKT TOTALSKS
1 TPI  –  231 Pengantar Oseanografi 1 2 3
2 PPI  – 232 Penyuluhan Perkanan 1 1 2
3 TPI  – 233 Teknologi Penangkapan Ikan 1 3 4
4 PPI –  234 Pengolahan Data Perikanan 1 1 2
5 TPI  – 235 Klimatologi 2 1 3
6 TBP- 236 Ikhtiologi 1 2 3
7 TPI – 237 Kepelautan 1 2 3
8 TPI – 238 Akustik 1 2 3
TOTAL 8 15 23

SEMESTER  IV

NO KODE MATA KULIAH MATA KULIAH SKS TEORI SKS PRAKT TOTAL SKS
1 TPI – 241 Metode Penangkapan Ikan 1 3 4
2 TPI – 242 Kapal Perikanan 1 2 3
3 TPI – 243 Biologi Perikanan 1 1 2
4 TPI – 244 Pengelolaan Sumberdaya Perikanan 1 2 3
5 PPI – 245 Kesehatan dan Keselamatan Kerja 1 1 2
6 TPI – 246 Manajemen Operasi Penangkapan Ikan 1 3 4
7 TPI – 247 Tingkah Laku Ikan 1 2 3
TOTAL 7 14 21

SEMESTER  V

NO KODEMATA KULIAH MATA KULIAH SKS TEORI SKS PRAKT TOTAL SKS
1 AGP –  351 Kewirausahaan 1 1 2
2 TPI   – 352 Alat dan Bahan Penangkapan Ikan 1 3 4
3 THP – 353 Penanganan Hasil Tangkapan 1 2 3
4 TPI –  354 Pelabuhan Perikanan 1 2 3
5 TPI –  355 Pengantar Mesin Kapal Perikanan 1 2 3
6 TPI  –  356 Daerah Penangkapan Ikan 1 2 3
7 TPI – 357 Teknik Penulisan 1 1 2
TOTAL 7 13 20

SEMESTER  VI

NO KODEMATA KULIAH MATA KULIAH SKS TEORI SKS PRAKT TOTAL SKS
1 PPI – 361 Magang Kerja Mahasiswa 6 0 6
2 PPI – 362 Seminar 1 0 1
3 PPI – 363 Tugas Akhir 3 0 3
TOTAL 10 0 10
 JUMLAH TOTAL SKS SEMESTER I  s/d   SEMESTER  VI  47  67  114

SILABUS MATA KULIAH SEMESTER GANJIL PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN (TPI)

1.   PENGANTAR ILMU PERIKANAN / PPI -119  (2 SKS)   :

  • Pendahuluan ; Sumberdaya Perikanan dan Produktifitas Perikanan ; Eksploitasi dan Konservasi Sumberdaya Perikanan ; Riset Perikanan ; Peraturan Perikanan ; Peningkatan Stok Ikan, Budidaya dan Panen ; Penanganan dan Pengolahan Hasil Perikanan ; Pemasaran Hasil Perikanan.

2.  PENGOLAHAN DATA PERIKANAN / PPI – 231 (2 SKS)  :

  • Pendahuluan ;  Teknik Perolehan Data (Sampling) Perikanan ; Tipe Data Statistik Perikanan dan Skala Pengukuran ; Metode Analisis Data ; Pengenalan Program-Program Khusus Statistik ; Input Data ; Transformasi Data dan Import Data ; Pengujian Satu Sampel ; Pengujian Dua Sampel ; Pengujian K sample Independen ; Pengujian Dua Sampel Berhubungan ; Uji Sampel Berhubungan ; Uji Chi – Square ; Korelasi dan Regresi ; Rancangan Percobaan.

3.  PENGANTAR OSEANOGRAFI / TPI – 232 (3 SKS)  :

  • Pendahuluan ; Tinjauan Umum Tentang Ilmu Pengetahuan Oseanografi ; Struktur Geologi Samudra ; Le,pengan Tektonik ; Sedimen Laut ; Proses Global ; Gelombang ; Pasang Surut ; Sirkulasi Yang Disebabkan Oleh Agin ; Sirkulasi Thermohaline ; Kimia Air Laut ; Biogeokimia ; Produksi Primer ; Plankton ; Nekton ;  Benthos ; Kehidupan Mesopelagis dan Bathypelagis ; Biogeography Pelagis.

4.  TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN / TPI – 234 (3 SKS)  :

  • Pendahuluan ; Perkembangan Teknologi Penangkapan dan Peristilahan  ;  Ikan Sebagai Obyek Teknologi Panangkapan ; Alat Tangkap dan Metode Penangkapan ; Identifikasi dan Perkembangan Jenis-Jenis Perikanan Baru ; Obyektifitas dan Tanggung Jawab ; Perencanaan

5.  KLIMATOLOGI (METEOROLOGI LAUT) / TPI – 352 (3 SKS)  :

  • Pendahuluan ; Atmosfer ; Uap Air Dalam Atmosfer ; Unsur Cuaca dan Iklim ; Tekanan Udara ; Angin dan Sirkulasi Udara Umum ; Angin Monson ; Massa Udara ; Sistem Angin Diatas Samudera : ENSO

6.  AKUSTIK / TPI – 236 (3 SKS)  :

  • Pendahuluan ; Defenisi Akustik ; Kunci Analisa Hitungan ; Cepat Rambat Gelombang Bunyi Di Dalam Medium Air ; Instrumen Dasar dan Perangkat Lunak ;  Target Strength

7.   KEPELAUTAN / TPI – 238 (3 SKS)  :

  • Pendahuluan ; Defenisi ; Sifat  Seorang Pelaut ; Perlengkapan Kapal ; Bangunan Kapal ; Keseimbangan Kapal ; Olah Gerak Kapal ; Perawatan dan Perbaikan Kapal ; Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ; Undang-Undang dan Peraturan Serta Konvensi SOLAS

8.  BAHAN DAN ALAT PENANGKAPAN IKAN / TPI – 351 (4 SKS) :

  • Pendahuluan ; Karakteristik Bahan ; Terminologi dan Sistem Penomoran ; Alat-Alat Bantu Penangkapan; Perlakuan Terhadap Jaring ; Desain danKonstruksi Alat Penangkapan Ikan: Pemeliharaan dan Pengawetan Alat Penangkapan Ikan

9.  PELABUHAN PERIKANAN / TPI – 352 (3 SKS) :

  • Pendahuluan ; Ciri-Ciri Dasar ; Fasilitas-Fasilitas ; Panduan Operasional Pengelolaan ; Antrian Kapal ; Pengelolaan Pemeliharaan Fasilitas ; Organisasi Pelabuhan Perikanan.

10. PENGANTAR MESIN KAPAL PERIKANAN / TPI – 353 (4 SKS) :

  • Pendahuluan ; Mengenal Sistem Kerja Mesin ; Mengenal Bagian-Bagian Mesin ; Merawat Motor Diesel dan Motor Bensin ; Menentukan Spesifikasi Daya Motor Diesel ; Menghitung Bahan Bakar dan Minyak Pelumas ; Mengenal Jenis Mesin Pendingin ; Mengenal Pronsip Kerja Mesin Pendingin ; Mengidentifikasi Mesin Pendingin.

11. DAERAH PENANGKAPAN IKAN / TPI – 355 (3 SKS)

  • Pendahuluan ; Karakteristik dan Pemilihan Darah Penangkapan Ikan ; Distribusi Ikan di Daerah Penangkapan ; Sumber-Sumber Perikanan Laut ; Pengaruh Variabel-Variabel Oseanografi di Daerah Penangkapan ; Daerah Penangkapan Buatan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: