//
you're reading...
Pendidikan

KKNI Sarjana Terapan Teknologi Kelautan Politeknik Perikanan Negeri Tual

A.Visi Misi

Visi

Menjadi penghasil lulusan teknologi kelautan berkompeten dan profesional bertaraf global

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi berbasis riset yang holistik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang teknologi kelautan serta berakhlak mulia
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang teknologi kelautan yang ramah lingkungan dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat
  3. Mendesiminasi hasil riset, melayani, memandu dan menyatu dengan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang teknologi kelautan

B.Tujuan dan Sasaran Pendidikan Program Studi

Tujuan

Tujuan diselenggarakannya program sarjana terapan pada program studi teknologi kelautan adalah menyediakan sarana dan dan prasarana informasi Ilmu Pengetahuan khususnya bidang kelautan dan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja berpendidikan tinggi untuk mengembangkan IPTEK, keperluan penelitian dan kemajuan Industri sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan yang profesional dan handal dengan memiliki keterampilan teknis dalam bidang Rekayasa Teknologi Kelautan.
  2. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat akademik yang didukung oleh budaya ilmiah dan suasana akademik yang menjunjung tinggi kebenaran objektivitas, terbuka, jujur, kritis, kreatif, inovatif dan tanggap terhadap perkembangan serta perubahan jaman
  3. Menghasilkan karya-karya ilmiah teknologi kelautan terapan yang berkualitas tinggi melalui fungsi penelitian, pengabdian kepada masyarkaat, dan pendidikan yang terintegrasi.

Sasaran

  1. Meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan sehingga menghasilkan leulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang teknologi kelautan
  2. Meningnya kuantitas dan kualitas hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kemampuan publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional
  3. Meningkatnya kapasitas kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengambidan kepada masyarakat demi keberlanjutan program studi.

C.Kurikulum Berbasis KKNI

Kurikulum program studi teknologi kelautan dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih delapan semester. Kurikulum tersebut disusun untuk memfasilitasi mahasiswa yang akan melanjutkan studi atau akan memasuki lapangan kerja. Selain itu Program Studi Teknologi Kelautan memfasilitasi mahasiswa untuk siap dilatih dan mengembangkan diri dalam dunia usaha dan industri (DU/DI). Penyusunan kurikulum yang digunakan dalam proses belajar mengajar di Program Studi Teknologi Kelautan mengacu pada kurikulum berbasis kkni 2013 (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) level 6 untuk D-IV Sarjana Terapan perguruan tinggi sebagai penyetara SDM sehingga diharapkan memiliki profil sarjana terapan yang kelak mampu bersaing dengan sarjana terapan dari perguruan tinggi lain.

D.Profil Sarjana Terapan Teknologi Kelautan

Sarjana Terapan Teknologi Kelautan Politeknik Perikanan Negeri Tual dalam menjalankan visi dan misinya membentuk sumber daya kelautan yang memiliki:

  1. Pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang kelautan dan bidang ilmu lainya yang relevan dengan pemahaman yang relatif mendalam dalam sub-bidang kelautan tertentu.
  2. Kemampuan analitis dan keterampilan dasar teknologi kelautan yang memadai dalam memecahkan masalah, membuat kaitan dan berkomunikasi, baik dengan teknologi maupun tanpa bantuan teknologi pendukung yang dapat berupa komputer dan piranti lunak lainnya.
  3. Pengalaman dalam melaksanakan suatu tugas atau proyek rekayasa sederhana wahana kelautan termasuk mempelajari atau mengembangkan sesuatu yang relatif baru, baik secara individu maupun kelompok serta mampu mempresentasikan dalam bentuk laporan yang menarik.
  4. Kesiapan untuk mengembangkan diri lebih lanjut dan atau kemampuan beradaptasi dalam bidang kelautan maupun bidang lainnya yang relevan termasuk kemampuan etos kerja (soft skill) dalam dunia Industri.

Dari pembentukan sumber daya tersebut program studi teknologi kelautan menghasilkan profil lulusan sebagai berikut:

  1. Penilai Ekkosistem Pesisir
  2. Analisis Sumber Daya Kelautan
  3. Estimator Sumber Daya Kelautan
  4. Perekayasa Kelautan
  5. Technopreneurship Ilmu Kelautan
  6. Pendidik Ilmu Kelautan

E.Capaian Pembelajaran KKNI Program Sarjana Terapan Politeknik Perikanan Negeri Tual

Untuk menghasilkan profil lulusan program studi Teknologi Kelautan tersebut maka disusunlah kurikulum dalam kerangka Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan capaian-capaian pembelajaran sebagai berikut:

1.Capaian Pembelajaran KKNI Level 6 Vokasional Keteknikan (Politeknik)

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum berbasis KKNI level 6 merupakan capaian pembelajaran dengan standar nasional (standar minimum nasional ) yang meliputi Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Keterampilan Khusus dan Keterampilan Umum dan dijabarkan Capaian Pembelajaran penciri program studi sebagai berikut:

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (CP-S 1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; (CP-S 2)
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; (CP-S 3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; (CP-S 4)
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (CP-S 5)
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; (CP-S 6)
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;(CP-S 7)
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; (CP-S 8)
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; (CP-S 9)
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (CP-S 10)

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen; (CP-PP 1)
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, produk, atau komponen menggunakan teknologi pada tataran praktikal (practical area; (CP-PP 2)
  3. Menguasai konsep teoritis teknologi rekayasa yang diperlukan pada satu bidang spesialisasi; (CP-PP 3)
  4. Menguasai pengetahuan tentang codes dan standard yang berlaku untuk penyelesaian masalah rekayasa; (CP-PP 4)
  5. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum; (CP-PP 5)
  6. Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi; (CP-PP 6)
  7. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini; (CP-PP 7)
  8. Menguasai pengetahuan prosedural dan operasional kerja bengkel/studio dan kegiatan laboratorium, serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ; (CP-PP 8)

 Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa ke dalam prosedur, proses, sistem, atau metodologi rekayasa terapan untuk menyelesaikan masalah rekayasa umum (broadly-defined); (CP-KK 1)
  2. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, melakukan penelusuran referensi/standar/codes/database, menganalisis, dan menyelesaikan masalah rekayasa umum menggunakan perangkat analisa untuk satu bidang spesialisasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan (environmental consideration); (CP-KK 2)
  3. Mampu merancang dan mewujudkan komponen, proses, peralatan, fasilitas atau instalasi, rancangan sistem rekayasa well defined, dan bagian-bagian rancangan sistem rekayasa broadly defined, yang memenuhi kebutuhan spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah keamanan dan kesehatan publik, kultural, sosial dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri; (CP-KK 3)
  4. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang mengacu kepada metode dan standar industri; (CP-KK 4)
  5. Mampu meningkatkan kinerja atau mutu suatu proses melalui pengujian, pengukuran obyek kerja, analisis, dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar; (CP-KK 5)
  6. Mampu menggunakan teknologi modern dalam melaksanakan pekerjaan; (CP-KK 6)

Keterampilan Umum

  1. Menerapkan pemikian logis, kritis, dan inovatif dalam malakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja yang diberlakukan; (CP-KU 1)
  2. Mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya untuk menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni serta menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, sepesifikasi desain atau esai seni; (CP-KU 2)
  3. Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain serta persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya; (CP-KU 3)
  4. Mengelola pembelajaran secara mandiri; (CP-KU 4)
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya. (CP-KU 5)

2.Capaian Pembelajaran Penciri Program Studi Teknologi Kelautan (CP Prodi TKL) 

Capaian pembelajaran penciri program studi merupakan capaian pembelajaran khusus yang membedakan dengan perguruan tinggi (lainnya) lainnya yang sejenis. Capaian pembelajaran penciri program studi merupakan karakter khusus yang dihasilkan oleh lulusan dari sarjana terapan program studi teknologi kelautan yang berciri/berwatak Surveyor 

Sikap

  1. Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat. (CP-S 11)

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai ilmu dasar lain yang menunjang pemahaman ilmu kelautan dan keterkaitannya sesuai dengan perkembangan iptek. (CP-PP 9)
  2. Mampu memecahkan masalah IPTEKS di bidang kelautan yang umum dan dalam lingkup yang sederhana seperti identifikasi, analisis dan interpretasi data deteksi bawah air, penginderaan jauh satelit melalui penerapan pengetahuan rancang bangun dan rekayasa kelautan kelautan secara spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan. (CP-PP 10)

Keterampilan Khusus

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi potensi sumber daya hayati laut dengan pendekatan parameter geo-oseanografis. (CP-KK 7)
  2. Mampu melakukan praktikum baik yang bersifat verifikasi, penemuan, analisis atau sintesis secara konvensional maupun secara instrumentasi kelautan. (CP-KK 8)

Keterampilan Umum

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; (CP-KU 6)

Untuk memenuhi capaian pembelajaran tersebut, program studi teknologi kelautan menyelenggarakan 50 mata kuliah yang terdidi dari 75 sks teori dan 77 sks praktik dari 152 sks yang ditempuh untuk memperoleh gelar Sarjana Terapan dalam kurikulum teknologi kelautan. Pada matriks berikut ini dapat dilihat kompetensi yang ingin dicapai bila seorang mahasiswa menempuh suatu mata kuliah, sedangkan posisi suatu mata kuliah dan keterkaitan antar mata kuliah dapat dilihat secar global pada pohon kurikulum.

Sesuai dengan kelompok yang diminatinya, staf pengajar Program Studi Teknologi Kelautan dikelompokkan ke dalam kelompok bidang ilmu (KBI) yaitu;

  1. Kelompok Bidang Ilmu Oseanografi;
  2. Kelompok Bidang Ilmu Ekologi Kelautan;
  3. Kelompok Bidang Ilmu Remote Sensing;
  4. Kelompok Bidang Ilmu Underwater;
  5. Kelompok Bidang Ilmu Perkapalan.

Pengelompokkan ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa dalam memilih topik tugas akhir dan dosen pembimbing yang diminatinya.

 

Iklan

About aliwear

Tenaga Edukatif Politeknik Perikanan Negeri Tual

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: