//
you're reading...
Matematika

Soal Matematika Terapan Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan

1. Sebuah industri penghasil alat tangkap ikan akan membuat dua jenis alat tangkap, yaitu trammel net (T) dan set net (S). Untuk membuat alat tangkap tersebut, perusahaan mempunyai tiga macam mesin, yaitu mesin A digunakan untuk memasang tali utama pada trammel net dan set net, mesin B untuk membuat mata jaring set net. Setiap unit trammel net dikerjakan oleh mesin B selama 3 jam, kemudain diselesaikan oleh mesin A selama 0,5 jam. Sedangkan untuk setiap unit set net dikerjakan oleh mesin C selama 2 jam, kemudian diselesaikan oleh mesin A selama 0,75 jam. Supaya tidak terjadi overload pada mesin, maka kerja mesin A, B dan C setiap hari dibatasi masing-masing 4, 10 dan 7 jam. Keuntungan yang didapat untuk setiap satu unit trammel net adalah Rp. 4.000.000, sedangkan untuk setiap satu unit set net adalah Rp. 3.200.000. untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum, maka porsi  jumlah trammel net  dan set net yang dibuat harus dipertimbangkan dengan baik. Berdasarkan kondisi ini, maka :

  • Buat model matematis dari kegiatan alat tangkap tersebut
  • Gambarkan dalam bentuk grafik dan tunjukkan area yang layak untuk penyelesaian masalah operasi  industri tersebut
  • Tentukan berapa jumlah trammel net  dan set net yang harus dibuat untuk mencapai keuntungan maksimum
  • Berapa keuntungan maksimum yang diperoleh
  • Lakukan analisis sensivitas terhadap koefisien fungsi tujuannya
  • Bila waktu kerja mesin A ditambah 2 jam, lakukan analisis sis kanan dengan menetukan perubahan area yang layak  dan berapa jumlah trammel net  dan set net untuk penyelesaian optimal yang baru
  • Berapa keuntungan maksimum yang baru
  • Berapa harga jualnya

 

2. Bongkar muat kapal di pelabuhan pendaratan ikan AXYZ  dilayani dengan pola pelayanan tunggal. Kecepatan kedatangan rata-rata (λ) adalah 10 kapal/hari, sedangkan kecepatan pelayanan rata-rata (μ) adalah 14 kapal/hari. Tentukan :

  • Panjang rata-rata antrian
  • Peluang 1 kapal dalam antrian
  • Peluang 2 kapal dalam antrian
  • Peluang 3 kapal dalam antrian
  • Peluang n kapal dalam antrian

 

3.Sebuah pelabuhan perikanan akan mengembangkan model pelayanan untuk menentukan alokasi waktu pelayanan kepada kapal-kapal dari kawasan setempat dan kapal-kapal dari kawasan lain. Untuk perencanaan 3 minggu, waktu pelayanan yang tersedia maksimum 100 jam. Untuk memenuhi ketentuan yang dipersayaratkan, maka selama waktu tersebut setiap satuan waktu pelayanan paling sedikit harus diperoleh omzet Rp. 200.000. Untuk waktu pelayanan bagi kapal-kapal dari kawasan setempat diperoleh omzet Rp.80.000 per jam, sedangkan untuk kapal-kapal dari kawasan lain diperoelh omzet  Rp. 120.000 per jam. Untuk menjaga agar kapal-kapal dari kawasan lain tetap membongkar muat dipelabuhan, maka pihak pelabuhan memberikan alokasi waktu pelayanan bagi kapal-kapal lain minimum sama dengan alokasi waktu pelayanan yang disediakan bagi kapal-kapal akwasan setempat. Supaya model pengembangan yang diterapkan menjadi penyelesian optimal. Yaitu kapal yang bongkar muat di pelabuhan perikanan menjadi maksimum, maka alokasi waktu pelayanan bagi kapal-kapal dari kawasan setempat dan kawasan lain harus diatur dengank. Waktu pelayanan rata-rata setiap kapal dari kawasan setempat 45 menit, dan bagi setiap kapal dari kawasan lain adalah 1 jam. Selesaikan masalah tersebut

 

4. Usaha kecil mahasiswa Politeknik Perikanan Negeri Tual mampu membuat pancing sebanyak 100 set pancing dalam waktu paling cepat 6 hari bila kondisinya baik, tetapi bila kondisinya buruk sperti bahan baku terlambat, ada pekerja yang tidak masuk, maka jumlah pancing sama paling lambat diselesaikan dalam waktu 9 hari. Sedangkan pada kondisi biasa dapat diselesaikan dalam waktu 7 hari. Tentukan :

  • Rata-rata waktu penyelesaian operasi
  • Deviasi standar
  • Hubungan ketiga taksiran waktu dalam bentuk grafik

 

Iklan

About aliwear

Tenaga Edukatif Politeknik Perikanan Negeri Tual

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: