//
you're reading...
Manajemen

Six Sigma Process Steps

Define

  • Apa tujuan untuk peningkatan kinerja yang tercantum dalam Master Improvement Story perusahaan?
  • Proses mana yang perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan peningkatan kinerja dalam Master Improvement Story perusahaan?
  • Apa yang menjadi batasan atau ruang lingkup untuk peningkatan proses ?
  • Apa yang menjadi ukuran kinerja utama dan manfaat yang diharapkan ?
  • Bagaimana proses eksekusi akan dilakukan untuk peningkatan kinerja ?
  • Bagaimana proses eksekusi akan dilakukan untuk peningkatan kinerja ?

Measure

  • Bagaimana rencana pengumpulan data ?
  • Apakah sistem pengukuran yang telah tepat dan akurat ?
  • Apa dan berapa banyak jenis cacat atau kesalahan yang ada sekarang ?
  • Berapa tingkat kinerja (baseline kinerja) dari proses dan produk yang sekarang ?
  • Apakah variasi dalam produk dan proses yang terjadi sekarang berada dalam batas-batas yang normal ?
  • Area fungsional mana yang paling terkena dampak atau pengaruh ?

Analyze

  • Berapa tingkat kesenjangan (gap) antara kinerja (baseline kinerja) sekarang dan target kinerja yang telah ditetapkan dalam Master Improvement Story perusahaan?
  • Dimana sumber utama terjadi variasi dan pemborosan (waste) ?
  • Apa akar-akar penyebab utama yang menimbulkan dampak terbesar terhadap variasi dan pemborosan (waste) ?
  • Berapa sering akar-akar penyebab utama itu terjadi ?
  • Apa dampak negatif dari akar-akar penyebab utama itu terhadap pelanggan ?

Improve

  • Bagaimana teknik-teknik atau cara-cara untuk menghilangkan atau menurunkan variasi dan pemborosan (waste) baik dalam proses maupun produk ?
  • Apakah cara-cara peningkatan kinerja yang diajukan itu terbukti memberikan hasil-hasil manfaat (hard savings and soft savings) yang terbesar ?

Control

  • Bagaimana kita dapat meyakinkan kepada manajemen bahwa peningkatan kinerja yang dilakukan bersifat tetap (permanent) ?
  • Apakah hasil-hasil manfaat dan praktik-praktik terbaik telah didokumentasikan ?
  • Apakah sistem pemantauan kinerja telah ditetapkan dalam bentuk rencana pengendalian Lean Six Sigma (Lean Six Sigma Control Plan) ?
  • Apakah praktik-praktik terbaik itu telah dibagi dan dikomunikasikan secara visual dengan tim peningkatan kinerja yang lain dalam organisasi ?
  • Bagaimana hasil-hasil manfaat (hard saving and soft saving) itu akan terlihat dalam laporan-laporan keuangan, rencana-rencana bisnis dan Master Improvement Story perusahaan di masa yang akan datang?


Iklan

About aliwear

Tenaga Edukatif Politeknik Perikanan Negeri Tual

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: