//
you're reading...
Pendidikan

Model Metode Peramalan Keadaan

Secara garis besar terdapat empat metode peramalan yang dapat digunakan

Metode Hunches

Metode ini mengestimasikan keadaanyang akan datang beradarkan data keadaan masa lampau yang diperoleh melalui berbagai sumber informasi  dan mempunyai reaksi instinktif terhadap kejadian yang umum. Pendekatan ini relatif memerlukan biaya yang sedikit murah dan akan efektif dan efisien bagi sebuah kegiatan yang mempunyai sasaran relatif stabil atau setidak-tidaknya jika ada perubahan maka tingkat perubahannya dapat diprediksikan (diramalkan)

Metode Survey Pasar

Estimasi keadaan yang akan datang dapat diperoleh dari ekspresi objek teramati yang diungkapkan dalam analisis strategis (analis). Analisis ini lebi rumit dibandingkan metode pertama akan tetapi menghasilkan informasi yang lebih banyak dan lebih lengkap. Para estimator (peramal) dapat meramalkan batas antara keadaan yang akan datang dengan tingakt alpha yang telah ditetapkan. Estimasi dengan model ini menghasilkan angka batas antara (interval number)

Metode Analisis Serial Waktu

Dalam metode ini, estimasi keadaan didasrkan atas hubungan antara waktu dan penilaian keadaan. Pergerakan penilaian keadaan selama periode waktu tertentu paling sedikit dipengaruhi oleh musim, siklus dan kecenderungan (seasonal, sytical and trend) dan dengan demikian maka masing-masing faktor yang mempengaruhi ini akan sangat berpengaruh kepada aktivitas penjualandi masa yang akan datang. Manajemen harus sangat menyadari berbagai fenomena keadaan yang telah berlangsung dan variabel pengaruh yang akan diperhitungkan. Dalam metode ini berbagai simpangan dan variasi sudah ikut diperhitungkan. Perubahan volume dan hasil penilaian keadaan sangat dipengaruhi oleh preferensitarget dan preferensi target sasaran umumnya akan mudah berubah sehingga setiap perubahan preferensi target sasaran perlu diantisipasi sedini mungkin. Riset dan pengembangan dari analisa keadaan akan selalu dilakukan mengingat pentingnya preferensi target sasaran

Analisis dengan Model Ekonometrika

Model eknometrika merupakan evaluasi yang sistematis atas dampak (pengaruh) sejumlahvariabel independent (bebas) terhadap suatu keadaan. Penggunaan metode ini memerlukan analisis atas variabel independent dan variabel dependent (tergantung atau terikat). Analisis ini merupakan analisis yang paling sulit dari semua analisis yang dikenal akan tetapi mempunyai derajat kualitas informasi yang dapat diandalkan. Analisis ekonometrika ini dimulai dari mengidentifikasi variabel yang berpengaruh terhadap keadaan suatu kegiatan (baik volume maupun nilai). Umumnya indikator yang paling banyak disoroti adalah lama waktu, perilaku, kebijakan, reaksi kegiatan dan kegiatan pengganti. Berbagai pengukuran atas variabel ini diperoleh dengan data sekarang pada periode yang sama.

Mencari metode analisis yang paling baik dan paling tepat dari berbagai metode analisis di atas sangat sulit dan hal ini sangat tergantung kepada berbagai situasi dan kondisi yang mengitarinya. Meskipun demikian tidak menggunakan salah satu metode bukan merupakan jalan yang terbaik. Suatu metode peramalan dianggap tepat dan terbaik manakla setelah adanya realisasi maka angka realisasi menjadi kenyataan.

Iklan

About aliwear

Tenaga Edukatif Politeknik Perikanan Negeri Tual

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: