//
you're reading...
Manajemen

Ide Terbaik dan Tindak Lanjut

Membangun dan Mengelola Ide

Ide baru adalah darah segar dalam sebuah organisasi, oleh karean itu yang perlu kita sadari bahwa setiap hari pasti ada seseorang, berasal dari mana saja yang memiliki ide lebih baik. Ini merupakan sebuah keharusan bagi seorang pemimpin untuk mengetahui siapa yang memiliki ide terbaik itu, belajar tentang ide terbaik itu, dan secara cepat menerjemahkan ide terbaik itu kedalam tindakan.

Belajar terus menerus adalah filosofi seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak bersikap arogan dan mengungkapkan sesuatu dengan tegas, tidak berasumsi bahwa mengetahuai semua hal. Sebagai seorang pemimpin harus selalu berasumsi bahwa Anda dapat belajar dari orang lain, dari teman, atasan, bawahan bahkan dari pesaing sekalipun, sehingga belajar terus menerus sudah menjadi kultur seorang pemimpin. Inti dari kultur ini adalah pemahaman bahwa, setiap organisasi mampu untuk belajar, dan menerjemahkan pembelajaran itu kedalam tindakan yang cepat yang secara otomatis meningkatkan keunggulan yang kompetitif.

Memperoleh ide baik dari setiap orang kemudian menjalankan ide tersebut bersama mereka benar-benar merupakan kehormatan yang sesungguhnya. Hal yang paling hakiki untuk memulai semua ini seharusnya dimulai dari rumah (organisasi kecil) kemudian mengadopsi, memodifikasi dan menyesuaikan dengan teknik-teknik dari organisasi lainnya. Kebanyakan dalam sebuah organisasi tidak membicarakan ide dalam pertemuan mereka, hal ini disebabkan mereka berbicara tentang rencana vertikal dari atas ke bawah, rencana kompensasi, pengalaman generik bahkan berbicara tentang kehebatan organisasi lain.

Organisasi yang baik dan produktif adalah membicarakan tentang kultur pembelajaran (learning culture), tentang kualitas dari solusi masalah, tentang tingkat adopsi dari ide terbaik, tentang proses percepatan perubahan dan lain-lain. Hal ini menyatakan bahwa bagaimana pengetahuan telah ditransfer ke berbagai tindakan/rencana aksi kegiatan. Membangun kultur pembelajaran memberikan tekanan pada pemimpin, sehingga mereka menyadari bahwa tidak ada manfaatnya hanya memiliki ide terbaik pada organisasi, manfaat baru datang dari keberhasilan membagi ide terbaik itu dengan orang lain, akan percuma jika hanya disimpan atau diucapkan tanpa dibagi dan diterapkan bersama-sama. Beberapa hal yang harus dipelajari dalam memperoleh ide terbaik dari mana saja :

  • Ide dapat berasal dari sumber mana saja. “Kualitas dari ide tidak tergantung pada kedudukan dalam organisasi.” Mencari ide di seluruh dunia, tanpa ada batas. Ide dinilai berdasarkan manfaatnya, bukan berdasarkan siapa yang mengeluarkan ide tersebut
  • Mendorong pertukaran ide-ide terbaik. Bagi apa yang Anda ketahui dengan orang lain, agar membuat mereka juga mengetahui ide terbaik Anda itu. Mendorong pertukaran ide secara virtual pada setiap tingkat dalam organisasi, tanpa menciptakan pembatasan. Biarkan ide terbaik itu mengalir secara bebas tidak hanya di dalam unit dalam organisasi Anda, tetapi juga diantara unit-unit yang lain.
  • Mengembangkan situasi “haus yang tiada henti” terhadap ide-ide terbaik. Pastikan orang-orang disekeliling Anda bahwa Anda sangat tertarik terhadap semua ide yang baik, Anda ingin mendengar ide baik dari mereka, Anda ingin pula mereka untuk mencari ide baik di mana saja dan dari siapa saja. Kemudian rayakan bersama mereka apabila ada seseorang yang menemukan ide terbaik itu. Hal ini akan menjamin pemasukan ide baru secara terus menerus ke dalam organisasi Anda.
  • Mempelajari pesaing-pesaing. Satu tempat terbaik untuk belajar ide terbaik adalah dari para pesaing. Luangkan waktu satu jam setiap minggu untuk mempelajari segala sesuatu dari para pesaing Anda agar memperoleh pandangan tentang hal-hal atau program  terbaru apa saja yang telah dan sedang diterapkan oleh para pesaing Anda
  • Menyesuaikan teknik dan proses baru dari organisasi lain. Hal ini memungkinkan organisai Anda telah memperoleh banyak manfaat dalam mengambil ide terbaik dari organisasi lain. Anda dapat mengadopsi dan memodifikasi program berkualitas dari organisasi lain. Organisasi Anda mampu bergerak secara efektif memasuki persaingan global dengan mengadopsi saran dan praktik terbaik dari mitra kerja Anda, stakeholder dan lain-lain
  • Menghargai Anggota/Karyawan yang menyumbangkan ide terbaik. Pencarian ide baru menjadi prioritas utama bagi setiap anggota/karyawan. Lalukan pertemuan antara manajemen dan anggota/karyawan secara teratur untuk saling berbari ide terbaik, dan pastikan ide terbaik itu diterjemahkan secara cepat ke dalam tindakan. Temukan cara paling efektif untuk menghargai pimpinan tingkat manajer dan anggota/karyawan yang menyumbangkan ide terbaik mereka dan kemudian menerapkan ide itu kedalam praktik di tempat kerja pada semua tingkat dalam organisasi.

Tindak lanjut

Tindak lanjut adalah satu ukuran kunci keberhasilan organisasi. Menindaklanjuti segala sesuatu ialah menindaklanjuti ide terbaik dari anggota/karyawan, menindaklanjuti rencana tindakan, menindaklanjuti strategi tindak operasional, merupakan upaya membuka jalan menuju keberhasilan organisasi dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Menunjukkan konsistensi keteguhan hati terhadap segala sesuatu. Konsistensi keteguhan hati terhadap segala sesuatu dalam organisasi berarti memastikan bahwa nilai-nilai organisasi tetap hidup dan berlangsung baik pada setiap tingkat dalam organisasi dalam menentukan apakah program pelatihan yang dilakukan telah menunjang nilai-nilai organisasi itu, dalam melihat sasaran yang dicapai, atau dalam memeriksa rencana produktif, sebagai suatu kunci sukses dalam tindak operasional. Dengan demikian konsistensi keteguhan hati terhadap segala sesuatu merupakan kunci keberhasilan tindak opersional organisasi. “Anda tidak akan mencapai sesuatu dan akan tetap seperti keadaan semula, jika Anda tidak mampu merubah melalui implementasi ide terbaik Anda”. Hanya menemukan cara untuk mengubah pandangan orang-orang secara konsisten akan membawa kesuksesan tindak operasional yang berada dalam lingkungan yang terus menerus berubah. Sekali Anda telah menemukan ide, Anda perlu menyaring dan meningkatkan ide itu, membuat agar ide menjadi lebih sederhana apabila didefinisikan kemudian mengimplementasikan ide itu agar mengubah kenyataan menjadi lebih baik. Anda harus mengkomunikasikan, mengkomunikasikan, dan mengkomunikasikan terus meneruside terbaik itu. Konsistensi, simplifikasi (menyederhanakan), dan pengulangan ide terbaik adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh semua orang dalam organisasi.
  • Ketika Anda mengadakan setiap pertemuan, periksa apakah setiap sasaran telah tercapai. Seorang pemimpin tidak akan menggunakan para pimpinan tingkat menajer yang mengikuti pertemuan untuk menetapkan sasaran organisasi tetapi tidak pernah menindaklanjuti untuk mengetahui apakah target-target yang telah ditetapkan itu tercapai. Ilustrasi dalam sebuah organisasi melakukan pertemuan yang dihadiri oleh para pimpinan tingkat manajer eksekutif setiap tiga bulan dalam satu tahun, yaitu Januari, Maret, Juni dan September. Pada pertemuan bulan Januari dan ketika pertemuan berakhir, semua orang menyatakan semua berjalan baik, kemudian mengucapkan terima kasih kepada peserta dalam pertemuan itu. Pada bulan Maret, datang lagi orang yang berbeda dengan membawa wakil yang berbeda pula untuk melakukan hal yang sama. Mereka memiliki perencanaan jangka panjang, kemudian membahasnya, namun tidak ada hubungan sama sekali dengan pertemuan pada bulan Januari itu. Hal ini menunjukkan adanya inkonsistensi dalam setiap pertemuan manajemen yang diadakan. Seharusnya pada setiap pertemuan eksekutif, harus ada konsistensi yang berkelanjutan, ketukan yang berirama terus menerus. Jangan mengubah pandangan Anda, jangan melompat dari satu peretemuan ke pertemuan berikut tanpa ada keterkaitan yang jelas. Jangan memberi kesan bahwa pertemuan manajemen hanya membahas hal-hal baru, lalu dilupakan, tidak ada tindak lanjutnya. Setiap melakukan pertemuan manajemen harus diperiksa apakah sasaran dan target pada pertemuan sebelumnya telah tercapai, dan jika tidak tercapai, tindakan apa yang harus dilakukan, sedangkan apabila tercapai maka ungkapan praktik terbaik apa yang dilakukan sehingga target itu tercapai. Praktik-praktik yang berkaitan dengan kesuksesan dan kegagalan harus dibagi keseluruh organisasi, sehingga setiap orang dapat mempelajari hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang buruk.
  • Pilih beberapa tema kunci dan ulangi tema kunci itu terus menerus. Tema kunci harus di uang-ulang dan dibahas pada organisasi Anda. Tambahkan bobot pembahasan pada setiap tema kunci itu, demikian pula tingkatkan upaya yang konsisten untuk menindaklanjuti setiap tema kunci itu.
  • Perluas jangkauan komunikasi Anda untuk mencapai semua orang.  Gunakan prinsip bola salju yang terus menerus bergulir mencapai orang-orang dalam perusahaan. Hal ini dapat tercapai, apabila pesan yang disampaikan adalah sederhana dan konsisten, selalu mengulang-ulang pesan–pesan sederhana itu, kemudian terus-menerus melihat apa yang terjadi dalam organisasi. Kesederhanaan, konsistensi dan pengulangan, merupakan kata-kata kunci untuk berhasil menjangkau semua orang dalam perusahaan.
  • Tetap konsisten, konsisten dan konsisten. Pengulangan kata konsisten ini menunjukkan bahwa konsistensi menjadi teramat penting dalam setiap tindak lanjut.pastikan bahwa Anda selalu menyampaikan pesan yang sama dan konsisten kepada setiap orang dalam organisasi. Menindaklanjuti setiap strategi tindak operasional akan memuluskan jalan kesuksesan organisasi Anda.

 

Iklan

About aliwear

Tenaga Edukatif Politeknik Perikanan Negeri Tual

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: